EKONOMI : BUTUH GA?

Ekonomi membongkar dunia, mungkin ini suatu yang terlalu berlebihan, tapi dalam beberapa hal bisa jadi betul. Dengan ekonomi, para researchers membongkar mengapa orang di Negara maju dapat berpenghasilan lebih dari 140 juta, sedangkan di Ethopia, keluarga dengan karakter yang sama berpenghasilan kurang dari 5 juta. Ekonomi membongkar mengapa seseorang bisa hidup lebih baik dari orang lain.
Apakah berarti ekonomi dibutuhkan dalam pemberantasan kemiskinan? Tergantung ya ^_^. Tidak semua orang mendefinisikan miskin dalam arti yang sama. Standar kemiskinan menurut World Bank adalah orang yang hidup dibawah 2 dolar, tapi tidak semua setuju. Kemiskinan bisa juga diartikan saat seseorang tidak dapat berpendapat bebas, atau saat seseorang tidak mendapatkan perlindungan dari Negara. Akan tetapi, jika kemisikinan diartikan kurang nya pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan papan, bukankah ekonomi sudah pasti diperlukan?
Untuk itu saya mengkritisi para pejuang kemiskinan yang menutup mata rapat-rapat terhadap ekonomi, lalu menghujat dan berpikir sempit bahwa ekonomi= kapitalisme. Mari kita pikirkan lagi, apa benar kita tidak butuh ekonomi?


Inspired by Partha Dasgupta: Ekonomi _Very short introduction, Oxford
Share on Google Plus

About Unknown

Website ini didedikasikan untuk media belajar tentang keadilan hukum.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment