Agar Proses Perceraian Lancar


"Saya ingin segera bercerai bu,  sesegera mungkin" 


Anaya Rahma. Begitu kira-kira keinginan klien yang sering berkonsultasi dengan saya. Hampir seluruhnya menginginkan proses yang cepat. Saya sendiri memaklumi keinginan tersebut. Saya sadar bahwa mereka telah lelah dan bosan dengan permasalahan keluarga mereka.

Ada beberapa tips agar proses ini berjalan dengan lancar:
  1. Jangan bercerai jika pertimbangan konsekuensi dalam keluarga belum matang. Ingat cerai adalah jalan terakhir
  2. Selesaikan permasalahan harta, perwalian anak, di luar pengadilan. Bicarakan permasalahan ini dengan bermusyawarah, apalagi jika ada anak, sangat baik jika pasangan yang bercerai telah sepakat tentang masa depan anak, termasuk nafkah, pendidikan, tempat tinggal, sebelum masuk ke pengadilan
  3. Lebih cepat jika wanita yang melakukan gugatan (khusus agama islam). Hal tersebut dikarenakan, gugatan oleh wanita tidak lagi diperlukan ikrar talak setelah hakim memutus cerai. Jika laki-laki yang melakukan permohonan, biasanya 1 bulan setelah putus, baru ada panggilan untuk ikrar talak, lalu 2-4 minggu kemudian  akta cerai selesai dan bisa diambil. *waktu di setiap pengadilan berbeda
  4. Cerai ghoib, proses ini akan saya terangkan di artikel lain karna cukup panjang
  5. Meminta pengacara mewakilkan anda untuk mengahdapi proses tersebut jika diperlukan.
Demikian kira-kira yang bisa saya bagi. 
Semoga bermanfaat
Share on Google Plus

About Unknown

Website ini didedikasikan untuk media belajar tentang keadilan hukum.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment