KORUPSI HILANG = MAKMUR








Berandai-andai, andaikan Indonesia bebas dari korupsi, apa iya Negara kita akan makmur sentosa? Apa iya kita akan bisa mensejahterakan semua orang di Indonesia? Apa iya masalah kemiskinan akan otomatis terpecahkan?

Memang benar, korupsi adalah penyakit kronis yang membuat para pengusaha kesulitan untuk membuka lapangan kerja. Mereka harus membayar banyak pihak sehingga mengakibatkan cost of production meningkat, jika diteruskan logikanya, akhirnya barang yang mereka produksi menjadi mahal sehingga masyarakat harus membayar mahal. Kemungkinan terburuk, usaha mereka tutup.
Hanya saja, ada  fakta bahwa ada Negara-negara yang tingkat korupsinya rendah tapi ko tetap miskin? Ternyata ada factor lain yang menyebabkan mereka tetap miskin seperti rendahnya kualitas sumber daya manusia, rendahnya investasi, rendahnya teknologi , tingkat pendidikat, dll (refer to productivity production capacity, and growth, see in macro economy). There is no a single driving force. Korupsi penting, tapi banyak juga factor lain yang lebih penting. Saatnya berpikir ^^


Inspired by Partha Dasgupta: Ekonomi _Very short introduction, Oxford

Fiona Yap_Macro economy_Crawford school
Picture: https://www.harianhaluan.com/assets/berita/original/49606215301-korupsi2.jpg
Share on Google Plus

About Unknown

Website ini didedikasikan untuk media belajar tentang keadilan hukum.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment