WARGA LIAR: BUKAN MANUSIA, USIR SAJA



Warga Liar , usir saja. Mereka tidak pernah beli tanah, bahkan tidak membayar pajak. Sebagian dari mereka tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk Kota Jakarta. Rumah mereka penyebab banjir. Mereka menempati tanah Negara secara illegal.  Mereka Liar, dan karena liar maka usir saja. Mereka pantas diusir, diusir karena menggangu dan illegal.

Jakarta Warga miskin selalu jadi tumbal kota. Disalahkan, dicaci, bahkan dituduh sebagai sampah masyarakat. Dipinggirkan seakan bukan bagian dari kota. Di caci seakan-akan tak sedikitpun berkontribusi pada kota. LIAR…kata yang lebih pantas dialamatkan untuk hewan kini dialamatkan pula pada mereka. Mereka dianggap liar seakan bukan manusia.

Warga miskin adalah manusia. Tidak ada manusia yang tidak akan sedih, trauma ketika diusir dari rumahnya begitu saja. Mereka adalah manusia yang akan menumpahkan air mata ketika tau tak ada tempat bagi anaknya untuk tidur dan belajar. Mereka adalah manusia yang akan teriak ketika hasil jerih payah mereka bertahun-tahun dihancurkan begitu saja oleh para Satpol PP. Mereka adalah manusia yang akan takut ketika didatangi orang berbaju hijau dengan label TNI di kepalan lengan mereka. Mereka adalah manusia yang akan bergetar kakinya apabila didatangi oleh pasukan berbaju rapih maupun tidak namun siap menyerang menggunakan lascar panjang, atau clurit di tangan mereka. Mereka adalah manusia.

Jakarta banjir, Jakarta rusak setiap dari kita berkontribusi. Namun entah mengapa mereka yang selalu dipersalahkan. Wahai Negara, Presiden, Gubernur, pandanglah mereka, mereka manusia sama seperti anda. Mereka adalah manusia yang juga ingin kota Jakarta ini hebat. Mereka adalah manusia yang punya kontribusi terhadap kota. Mereka adalah manusia yang memiliki ide dan kemampuan untuk mewujudkan kota Jakarta sebagai tempat tinggal yang nyaman untuk semua warga kota.

Pembangunan bukan untuk menyengsarakan manusia. Pembangunan adalah untuk membahagiakan. Pembangunan tidak akan berkah ketika dibangun dari jeritan, tangisan warga miskin. Pembangunan adalah untuk manusia. HENTIKAN PENGGUSIRAN PAKSA
Share on Google Plus

About Unknown

Website ini didedikasikan untuk media belajar tentang keadilan hukum.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment