Pak Sopir Bergaji Tetap

Muka pak sopir dan kenek kopaja sekarang terlihat santai. Berbaju batik rapih, selalu tersenyum pada setiap penumpang yang datang. Mukanya tak lagi kusut meski jalanan macet dan sepi penumpang. Kenapa?

Anaya Rahma Gambaran terbalik  saat saya naik kopaja 2 tahun lalu. Pak supir tampak terburu-buru dan risau ketika jalanan macet. Si kenek berulangkali berteriak mencari penumpang. Mereka mengaku hari itu blum nyampe target setoran, yah akhirnya segala cara dilakukan.

Kini segalanya berubah, sejak beberapa track kopaja diambil alih Transjakarta, perusahaan bus mini ini harus mengikuti aturan main dan bergerak di bawah bendera si biru. Sistem kemudian berubah, si supir dapat gaji tetap. Kejar setoran tinggal kenangan.

Sistem gaji tetap terbukti meningkatkan pelayanan dari sopir dan kenek kepada para penumpang transportasi publik. Sistem ini menghilangkan kompetisi tidak sehat antar supir ketika saling rebut penumpang. Pemerintah di daerah lain patut mempertimbangkan solusi ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam hal transportasi di daerahnnya.

Share on Google Plus

About Unknown

Website ini didedikasikan untuk media belajar tentang keadilan hukum.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment