JALAN MERUBAH DUNIA



Anaya Rahma, Jakarta - Mengumpulkan orang kemudian membentuk pemikiran lewat jurnal adalah salah satu jalan merubah dunia. Memang tidak mudah, tapi bisa. Sudah dibuktikan keefektifannya oleh Jerman Barat yang telah dan menentukan jalannya ekonomi politik Jerman dengan konsep ekonomi pasar sosialnya.
Ekonomi pasar sosial lahir dari sekawanan ahli ekonomi dan ahli hukum yang berafiliasi dengan universitas freiburg. Mereka berkumpul, membentuk konsep baru dan menyebarkan gagasannya dengan melalui Jurnal Ordo. Seterusnya konsep mereka kemudian diadopsi Jerman Barat setelah keruntuhan Adolf Hittler dengan fasismenya. Yang dahsyat adalah mereka mendefinisikan ulang apa yang dimaksud ekonomi pasar versi Jerman, menemukan kekurangan ekonomi pasar versi Adam Smith, alih- alih membuat definisi sendiri,
Berikut tulisan Muller Armack:
“ kesalahan ekonomi pasar liberal terletak dalam kesempitan alam pikir ekonominya yang bersikeras menganggap diri sebagai ranah yang otonom dari ranah-ranah lain dalam kehidupan bersana , dan klaim bahwa ia menjadi prinsip pengatur seluruh asepek kehidupan. Namun sebagai sarana instrumental ekonomi pasar tetap merupakan cara efisien bagi dinamika kegiatan ekonomi agar kinerjanya tidak mengorbankan martabat manusia, ekonomi pasar harus dikawal dengan panduan sosial dan politik"

Nah jika mereka bisa…knapa anda tidak, Mari MERUBAH DUNIA
Share on Google Plus

About Unknown

Website ini didedikasikan untuk media belajar tentang keadilan hukum.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment